it, Linux

merubah paket .rpm di Linux Mint

Sewaktu saya mendapatkan pekerjaan/project yang membutuhkan orang dan waktu yang banyak. Maka saya mencari di internet package yang sekiranya bisa diinstall di Linux Mint Laptop saya. Setelah biasanya saya menggunakan MS Project selama ini, maka saya mencoba untuk mencari versi gratis yang dapat berjalan di linux mint. Maka saya menemukan paket namanya adalah ProjectLibre yang bisa di download di http://sourceforge.net/projects/projectlibre/?source=typ_redirect

Tetapi file yang di download menggunakan ektensi .rpm yang mana packege tersebut hanya bisa berjalan di Linux Red Hat. Maka kita bisa merubah package tersebut menggunakan program namanya adalah alien.

Caranya adalah
1. Download package alien menggunakan perintah
sudo apt-get install alien dpkg-dev debhelper build-essential
2. Arahkan cursor ke file .rpm berada (Dalam hal ini file saya berada di direktori /home/maslie/downloads
Cd Download
3. Berikutnya adalah merubah paket .rpm menjadi .deb menggunakan program alien tadi
sudo alien projectlibre-1.5.9-1.rpm
4. Untuk melakukan instalasi .deb maka dapat menggunakan perintah
sudo dpkg -i projectlibre_1.5.9-2_all.deb

Dan Software ProjectLibre pun sudah bisa kita gunakan…:-)

Standard

Leave a Reply

