berkebun

Reuse biji buah dan sayuran

Seringkali kita bahkan ibu-ibu rumah tangga membuang sisa sayuran atau buah-buahan yang ternyata masih bisa kita gunakan untuk ditanam kembali. Sayuran seperti kangkung, daun bawang, bayam misalnya. Selama sayuran ini masiih terdapat akarnya maka dapat kita tanam kembali.

Untuk buah-buahan seringkali juga kita membuang biji yang mana dapat kita tanam lagi. Biji cabai, pepaya, tomat, paprika sering kita buang begitu saja. Memang menjadi kendala kalau kita tidak mempunyai lahan untuk bercocok tanam atau berkebun. Tapi sebetulnya dapat kita siasati dengan model vertikultur yaitu menggunakan media pot untuk bertanam pada lahan terbatas. Pot di sinipun bisa kita gunakan dari bekas botol minuman mineral,plastik bekas bungkus susu yang alumunium foil, bekas plastik minyak ataupun kaleng bekas susu cair.

20130502-111857.jpg

Lalu bagaimana dengan pupuknya?untuk pupuk pun dapat kita buat secara organik dari limbah rumah tangga semisal dari kulit pisang atau kulit nanas yang cara pembuatannya dapat dibaca di blog saya ini. Dengan pupuk organik kita dapat mengurai limbah sayuran atau buah-buahan.

DSC04656 DSC04655

Lalu harus dimulai dari mana?tentunya kita siapkan media tanamnya meliputi wadah sebagai media tanam bisa menggunakan botol mineral yang telah dilubangi,lalu bibit dari benih buah-buahan atau sayuran dan pupuk organik dar fermentasi kulit pisang atau nanas. Pertama wadah botol mineral kita bersihkan lalu lubangi pada bagian bawah atau pangkal dan bagian samping botol. Campurkan tanah dan dilumat dengan cairan pupuk organik hasil fermentasi yang telah dibuat. Masukkan campuran tanah tadi kedalam botol dan biarkan selama semalam. Untuk bibitnya tidak bisa langsung kita pakai,jadi biji (misal biji cabai) dikeringkan terlebih dahulu baru setelah kering direndam di air selama semalam gunanya agar biji menjadi lunak dan cepat tumbuh tunas. Setelah semua siap baru kita masukkan benih cabai tadi ke dalam botol, tunggu beberapa minggu dan kitapun dapat panen cabai. Jadi tidak ada kata tidak mungkin jika kita sendiri belum mencobanya

Jadi dengan cara ini kita dapat mengurangi sampah dan dapat menggunakan kembali limbah dapur kita. Selamat mencoba

Notes : Benih contohnya biji cabai, Bibit contohnya benih biji cabai yang sudah keluar tunasnya

Salam berkebun dari @maslie

Advertisements
Standard

3 thoughts on “Reuse biji buah dan sayuran

  1. vivid says:

    Dan saya adalah ibu rumah tangga yang memisahkan mana sampah organik yg bisa diolah menjadi pupuk atau sampah organik yg bs dkonsumsi kembali oleh ikan2 peliharaan kami atau sampah anorganik yg tdk bisa dimanfaatkan. Namun tdk dbuang begitu saja di sungai. Serepot2ny sy dalam memasak, hal detail tsb masih sampai skrg saya lakukan sndiri. Ayo jadi ibu rumah tangga cerdas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s